Kategori aplikasi dan layanan OTT
Kategori aplikasi dan layanan berbasis OTT yang umum kita pakai di dalam berinternet sehari-hari, terdapat tiga buah kategori utama, yaitu Social Network dan Sosial Media, massaging, dan Streaming Audio Video.
2.1 Social Network dan Social Media
Aplikasi dan layanan berbasis OTT (Over The Top) dengan kategori Social Network dan Social Media ini menekankan pada layanan jejaring sosial dan media sosial. Dengan menggunakan aplikasi dan layanan ini, para pengguna dapat saling berinteraksi, berdiskusi, berbagi data, informasi, dan file di dalamnya. Berdasarkan referensi pada Social Networking Love to Know (http://socialnetworking.lovetoknow.com/What_Types_of_Social_Networks_Exist), terdapat tujuh buah subkategori untuk Social Network dan Social Media. Ketujuh subkategori tersebut meliputi Social Connection, Multimedia Sharing, Profesional, Informational, Hobbies, dan Academic.
a. Social Conection
Aplikasi dan layanan berbasis OTT (Over The Top) kategori Social Media dan Social Media dengan subkategori Social Connection mengkhususkan pada koneksi dengan teman, keluarga, maupun berkenalan dengan siapapun di internet. Fitur-fitur secara umum meliputi tambah pertemanan (add friend), kirim dan terima pesan, membuat dan gabung ke dalam grup diskusi, membuat status, serta Micro Blogging untuk berabagi artikel, catatan, atau dokumen digital. Beberapa contoh dari kategori Social Connection antara lain facebook, twitter, Google Plus, MySpace, Mindtalk, dan lain-lain.
b. Multimedia Sharing
Aplikasi dan layanan berbasis OTT (Over The Top) dengan kategori Social Media dan Social Media dengan subkategori Multimedia Sharing ini, dikhususkan untuk berbagi file-file multimedia. Secara umum fitur-fitur yang disediakan pada kategori multimedia sharing antara lain berupa penyediaan fasilitas untuk mengirim dan menanggapi komentar, pemberian rate (peringkat), berbagi (share) dalam bentuk alamat URL. Beberapa contoh dari kategori Multimedia Sharing yaitu Youtube, Flickr, Picasa, dan lain-lain.
c. Profesional
Aplikasi dan layanan berbasis OTT (Over The Top) dengan kategori Social Media dan Social Media dengan subkategori Profesional ini, dikhususkan untuk para pekerja yang memiliki keahlian, minat, dan bidang kerja yang sama maupun berbeda. Fitur utama yang diberikan kepada pengguna antara lain berupa penyediaan fitur untuk menambah relasi berdasarkan kesamaan (misalnya : minat, pekerjaan, keahlian), komunikasi melalui pesan teks, berbagi (share) melalui URL internet, dan lain-lain. Beberapa contoh dari kategori Profesional yaitu Linkedln, Classroom, Nurse Connect.
d. Informational
Aplikasi dan layanan berbasis OTT (Over The Top) dengan kategori Social Media dan Social Media dengan subkategori Informational ini dikhususkan untuk saling berbagi informasi kepada khalayak maupun sesama member (anggota) pada komunitas didalam jejaring sosial dan media sosial. Secara umum fitur dan layanan yang disediakan berupa fasilita untuk pencarian (search enggine), penyediaan menu posting informasi atau berita, dan lainnya. Contoh jejaring sosial dan media sosial kategori Informational yaitu Super Green me (http://www.supergreenme.com/), HGTV discussion forum (http://www.boards.hgtv.com/eve), dan Do It Yourself Community (http://www.diychatroom.com/).
e. Educational
Aplikasi dan layanan berbasis OTT (Over The Top) dengan kategori Social Media dan Social Media dengan subkategori Educational ini dikhususkan untuk membantu proses edukasi, khususnya pembelajaran jarak jauh (e-learning). Fitur-fitur menarik yang disajikan secara umum antara lain berupa : penyediaan materi, ruang/kelas online, jadwal, video conference, dan lain-lain. Contoh jejaring sosial dan media sosial kategori Educational yaitu The Student Room (http://www.thestudentroom.co.uk), The Math Forum (http://mathforum.org/students/), dan EPAL School Blog (http://www.epals.com/), dan lain-lain.
f. Hobbies
Aplikasi dan layanan berbasis OTT (Over The Top) dengan kategori Social Media dan Social Media dengan subkategori Hobbies ini dikhususkan untuk para pengguna dengan hobi yang sama, untuk dapat berdiskusi dan berbagi hobinya kepada pengguna lainnya. Fitur utama yang disajikan pada kategori ini secara umum meliputi forum, blog, sharing, update informasi dan berita. Beberapa contoh dari kategori ini antara lain Oh My Bloom (http://www.ohmybloom.com/), My Place at Scrapbook (http://www.scrapbook.com/myplace/), Sport Shouting (http://www.sportshouting.com/), dan lain-lain.
g. Academic
Aplikasi dan layanan berbasis OTT (Over The Top) dengan kategori Social Media dan Social Media dengan subkategori Academic ini dikhususkan untuk para akademisi (dosen, guru, peneliti), sehingga memudahkan mereka di dalam berbagi materi pendidikanke dalam bentuk paper atau jurnal. Fitur utama yang disajikan pada kategori ini secara umum meliputi searching, unduh paper, baca online paper. Beberapa contoh dari kategori ini antara lain Academia (http://academia.edu), Connotea (http;//www.connote.org/), dan lain-lain.
2.2 Messaging (Pesan Instant)
Kategori aplikasi berbasis OTT ini menekankan pada layanan kirim dan terima pesan secara cepat. Adanya aplikasi-aplikasi pesan singkat secara online ini, menjadikan kemudahan di dalam berkomunikasi baik dua arah maupun secara massal. Bukan hanya komunikasi dalam bentuk teks, tapi juga komunikasi melalui video telah didukung seiring dengan makin majunya teknologi dan dukungan internet yang memadai. Hal lainnya adalah kemudahan didalam pertukaran data, informasi, gambar, dan video melalui layanan messaging ini.
Beberapa contoh dari layanan dan aplikasi berbasis OTT dengan kategori messaging antara lain yaitu WhatsApp, Line, KakaoTalk, WeChat, dan lain-lain.
2.3 Streaming Audio Video
Kategori aplikasi dan layanan berbasis OTT untuk kategori streaming audio dan video, menekankan kepada jenis layanan streaming file multimedia audio dan video secara online kepada pengguna. Pengguna dapat menggunakan aplikasi mobile maupun desktop. Pada Aplikasi dan layanan berbasis OTT untuk kategori streaming audio dan video, beberapa hal di dalam pengembangannya yang perlu diperhatikan yaitu :
- Kualitas layanan dari sudut pandang penyedia layanan melalui QoS (Quality of Service).
- Kualitas layanan dari sudut pandang pengguna layanan melalui QoE (Quality of Experience)
- Socket programming, port, ID Address, yang menjadi syarat di dalam koneksi jaringan komputer.
- Pemahaman mengenai protokol-protokol yang digunakan di dalamnya, misalkan saja UDP (User Datagram Protocol) dan RTP (Real Time Protocol)
Sumber : Handbook Jaringan Komputer by I Putu Agus Eka Pratama