Bridge: Perbedaan antara revisi

Dari Catatan Pak Samsul
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
(←Membuat halaman berisi '{{untuk|artikel mengenai komponen jaringan dalam bidang komputer|Bridge jaringan}} {{Infobox_Game| subject_name=Bridge | image_link=| image_caption=Bidding box d...')
 
kTidak ada ringkasan suntingan
 
(2 revisi perantara oleh pengguna yang sama tidak ditampilkan)
Baris 1: Baris 1:
{{untuk|artikel mengenai komponen jaringan dalam bidang komputer|Bridge jaringan}}
'''Jembatan jaringan''' adalah sebuah komponen jaringan yang digunakan untuk memperluas jaringan atau membuat sebuah segmen jaringan. Jembatan jaringan beroperasi di dalam lapisan ''data-link'' pada model OSI. Jembatan juga dapat digunakan untuk menggabungkan dua buah media jaringan yang berbeda, seperti halnya media kabel ''Unshielded Twisted-Pair'' (UTP) dengan kabel serat optik atau dua buah arsitektur jaringan yang berbeda, seperti halnya antara Token Ring dan Eternet. Jembatan akan membuat sinyal yang ditransmisikan oleh pengirim tetapi tidak melakukan konversi terhadap protokol, sehingga agar dua segmen jaringan yang dikoneksikan ke jembatan tersebut harus terdapat protokol jaringan yang sama (seperti halnya [[TCP/IP]]). Jembatan jaringan juga kadang-kadang mendukung protokol ''Simple Network Management Protocol'' (SNMP), dan beberapa di antaranya memiliki fitur diagnosis lainnya.
{{Infobox_Game|
  subject_name=Bridge |
  image_link=|
  image_caption=Bidding box dan kartu permaintan untuk bridge|
  players=4 |
  ages=dianjurkan untuk 12 ke atas|
  setup_time=< 2 menit |
  playing_time=[[World Bridge Federation|WBF]] tournament games = 7,5 menit per deal|
  complexity=Menengah |
  strategy=Tinggi |
  random_chance=Rendah |
  skills=[[Daya ingat]], [[Taktik]] |
  footnotes =
}}
'''Bridge''' atau '''contract bridge''' adalah [[permainan kartu]] yang mengandalkan baik kemampuan bermain maupun keuntungan.


Empat pemain duduk saling berhadapan dengan pasangannya di satu meja. Permainan ini dimulai dengan dibagikannya satu set kartu (52) secara acak ke semua pemain, lalu dilakukannya perebutan kontrak oleh kedua pasangan melalui [[lelang]]. Misi dari pasangan yang memenangkan lelang adalah memenuhi kontrak sesuai penawarannya atau bahkan melebihinya, sedangkan pasangan yang lain berusaha agar kontrak tersebut gagal dipenuhi.
Terdapat tiga jenis jemabatan jaringan yang umum dijumpai:
Kontrak adalah pernyataan oleh salah satu pasangan bahwa pihak mereka akan mengambil sejumlah (atau lebih) trik. Sedangkan, yang dimaksud dengan trik ini adalah kemenangan pada satu putaran kartu dari empat pemain. Karena jumlah kartu ada 52 dan tiap-tiap pemain memegang 13 kartu, maka terdapat 13 trik dalam satu kali permainan.
* Jembatan Lokal: sebuah Jembatan yang dapat menghubungkan segmen-segmen jaringan lokal.
Adapun lelang ini menentukan pihak yang menyatakan, ''the strain of trump'' dan lokasi pemimpin untuk kartu di tangan.
* Jembatan Putar: dapat digunakan untuk membuat sebuah sambungan (''link'') antara LAN untuk membuat sebuah Wide Area Network.
 
* Jembatan Nirkabel: sebuah ''bridge'' yang dapat menggabungkan jaringan LAN berkabel dan jaringan LAN nirkabel.
Turnamen bridge biasanya diatur untuk memaksimalkan penggunaan kecakapan satu tim dan meminimalkan pengaruh keberuntungan. Bridge telah dibandingkan dengan [[catur]] sebagai permainan atau olahraga yang menggunakan akal sehat.
 
Truf/Trump adalah kartu menang. Artinya, bila kita tidak memiliki kartu yang diminta sesuai giliran, kita boleh menurunkan kartu truf.
 
Urutan/ranking warna kartu dari yang terkecil: Club -Diamond - Heart - Spade - No Trump.
 
Jumlah kartu dalam satu set/board ada 52 kartu, terdiri dari C, D, H, S dan masing-masing terdiri dari 2,3,4,5,6,7,8,9.T, J, Q, K, A
 
1 set kartu ini dibagi rata pada 4 pemain yang duduk di Utara, Timur, Selatan, dan Barat. sehingga masing-masing memperoleh 13 kartu.
 
Jumlah trik yang harus dikumpulkan oleh pasangan pemenang penawaran kontrak adalah sebesar N+6, dengan N adalah tingkat kontrak yang disepakati.
 
== Lihat pula ==
* [[Bermuda Bowl]]
* [[Gabungan Bridge Seluruh Indonesia]]
{{Permainan kartu remi}}
{{permainan-stub}}
 
[[Kategori:Bridge| ]]
[[Kategori:Permainan kartu]]

Revisi terkini sejak 16 Januari 2023 08.06

Jembatan jaringan adalah sebuah komponen jaringan yang digunakan untuk memperluas jaringan atau membuat sebuah segmen jaringan. Jembatan jaringan beroperasi di dalam lapisan data-link pada model OSI. Jembatan juga dapat digunakan untuk menggabungkan dua buah media jaringan yang berbeda, seperti halnya media kabel Unshielded Twisted-Pair (UTP) dengan kabel serat optik atau dua buah arsitektur jaringan yang berbeda, seperti halnya antara Token Ring dan Eternet. Jembatan akan membuat sinyal yang ditransmisikan oleh pengirim tetapi tidak melakukan konversi terhadap protokol, sehingga agar dua segmen jaringan yang dikoneksikan ke jembatan tersebut harus terdapat protokol jaringan yang sama (seperti halnya TCP/IP). Jembatan jaringan juga kadang-kadang mendukung protokol Simple Network Management Protocol (SNMP), dan beberapa di antaranya memiliki fitur diagnosis lainnya.

Terdapat tiga jenis jemabatan jaringan yang umum dijumpai:

  • Jembatan Lokal: sebuah Jembatan yang dapat menghubungkan segmen-segmen jaringan lokal.
  • Jembatan Putar: dapat digunakan untuk membuat sebuah sambungan (link) antara LAN untuk membuat sebuah Wide Area Network.
  • Jembatan Nirkabel: sebuah bridge yang dapat menggabungkan jaringan LAN berkabel dan jaringan LAN nirkabel.